Saturday, September 21, 2013

Tanya hatimu

" Apakah bedanya cinta dengan ketertarikan sesaat? Apakah bedanya benar-benar ingin bersama dengan hanya sekedar takut sendirian? tanya hatimu. "

Apa yang membedakan cinta dengan ketertarikan sesaat?
Ketertarikan sesaat? Pernahkah kau mendengar bahwa cinta itu datang dari mata turun kehati? bagiku tidak. Yang datang dari mata turun kehati itu bukanlah cinta melainkan ketertarikan sesaat. Ketertarikan dimana kau ingin memilikinya. Seperti kau sedang melihat gadget android baru atau blackberry Z30 terbaru? itu yang kusebut dengan ketertarikan sesaat. Lantas setelah kau memilikinya? mungkin kau akan bertahan sampai dua tahun dengannya. Selanjutnya kau akan tertarik dengan BB atau Android keluaran terbaru untuk kesekian kalinya. Lantas apakah itu yang disebut dengan cinta? Apakah cinta itu artinya tertarik lalu bosan?
bagiku bukan, Contoh cinta yang paling sederhana adalah 'Orangtua' Dimana kau tak bisa memilih ayah dan ibumu. Dimana kau tak bisa memilih kecantikan atau ketampanan ibu dan bapakmu. kesempurnaan mereka, kekayaan mereka, dan pekerjaan mereka. Itulah cinta, dimana saat kau tidak pernah berfikir untuk menggantikan mereka dengan orang lain. Pernah berfikir jikalau ibumu meninggal dan ayahmu akan menikah lagi, sekalipun calon ibumu sangat cantik dan sangat kaya. banyak diantaramu pasti akan berkata "Tidak" yah, karena kau telah mencintai ibumu. Dan kau yakin tak akan ada yang pantas mengantikan posisinya. itu yang ku anggap perbedaan cinta dan ketertarikan sesaat.

Lalu... Apakah bedanya benar-benar ingin bersama dengan hanya sekedar takut sendirian?
Takut sendirian? Pernahkah kau sangat ingin buang air kecil lalu dalam sekejab kau ketakutan dengan lampu yang sama sekali tak menerangi?. yah itulah yang disebut dengan takut sendirian?. Ataukah takut sendirian yang dimaksud disini adalah takut jomblo dan menerima banyak sindiran tweett dan retweet di twitter oleh akun anonim? atau bahkan temanmu sendiri?. Takut sendirian hanya butuh teman. kau tak butuh kekasih kenapa? karena kekasih tak untuk digonta-ganti atau diperbanyak seperti teman.
Sedangkan, Benar-benar ingin bersama? Pernahkah kau sedang berada disuatu tempat yang paling indah didunia ini dengan keluargaamu? lalu kau merasa ada yang kurang. Kau merasa tak lengkap jika tak ada kekasihmu disana? atau siapapun yang akan membuat harimu indah. yah itu lah yang disebut dengan benar-benar ingin bersama. Singkat katanya seindah apapun tempat itu, Seramai apapun tempat itu, Semewah apapun tempat itu. Kau akan merasa lebih bahagia jikalau bersamanya sekalipun itu hanyalah dirumah makan sederhana.
Lalu, setelah kau puas dengan jawabanku.
Ku ingin kau menemukan sendiri jawaban dari pertanyaanku ini.
" Selama ini apa yang kau rasakan, Mencintai karena butuh? atau Butuh karena mencintai? "
 Lalu..
" Apakah Daun gugur yang meninggalkan pohon atau Pohon yang menanggalkan daun ? "
Sekali lagi tanya hatimu...

Bagaimana Jika Kukatakan Aku Mencintaimu Dengan Tanda Seru


Bagaimana jika,
kukatakan aku menginginkanmu
dengan tanda seru
Apakah kamu akan terkejut, lari tunggang langgang
meninggalkan bayanganmu yang menjerit
dan bayanganku yang luluh lantak?
Bagaimana jika,
kukatakan bahwa hanya kamu yang kumau
dengan tanda seru.
Apakah kamu akan terbang tinggi
tak lagi menjejak Bumi yang mencoba menggerapai kakimu
meninggalkan tubuhku yang tergugu terpaku?
Cukup kamu tahu
tak mudah bagiku mencari padanan kata yang tepat
andai senyum dan kerlingan mata cukup mengganti
aku bingung, apa yang menyamai dengan kalimat "aku cinta"?
laci di kepalaku terlalu sesak oleh kegaduhan
mengenai "bagaimana jika..."
Seandainya kamu tahu
butuh satu langkah ke muka dan tiga langkah sebaliknya
untuk aku bisa menata hati yang satu kepingnya
masih menancap di tulang lehermu
hingga mungkin sulit  bagimu untuk mengangguk
saat kukatakan "bagaimana jika..."
Lalu katakan bagaimana dapat kuucapkan bahwa
aku membutuhkanmu dengan tanda seru
jika ternyata yang menari-nari di kedalaman matamu
adalah ribuan tanya mengenai bagaimana jika
untuk perempuan di hadapanmu
yang bukan aku?
***

Dilema

Mengapa dalam hidup ini Tuhan menciptakan sesuatu yang disebut dengan "dilema"? Suatu keadaan yang membuat hati diselubungi dengan kebimbangan. Dan tidak mampu memiki keyakinan dan kepastian atas sebuah pilihan.
Di saat satu sisi hati sudah mampu belajar merelakan logika untuk berdamai dengan realita, ada sisi lain yang tetap merasa angkuh dan egois untuk menerima sebuah kenyataan.
Dilema hanyalah sebuah perasaan yang membuat hati tak mampu memiliki kebahagiaan yang sempurna. Dan selalu menempatkan hati untuk terjebak di antara dua pilihan yang sulit. Hadirnya terus menerus memaksa hati untuk memilih sesuatu yang mungkin akan menghancurkan diri sendiri.

No comments:

Post a Comment